Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Secara sederhana, teks laporan dari hasil observasi adalah sebuah teks yang berisi laporan hasil penelitian atau observasi yang anda lakukan pada sebuah subjek, baik itu hutan, sampah, tumbuhan ataupun fenomena-fenomena tertentu.

Dalam sebuah teks laporan hasil observasi anda harus memberikan penjelasan laporan secara rinci dan juga harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang dimiliki teks observasi.

Nah, untuk membahas lebih jauh tentang teks ini. Berikut ini adalah penjelasan tentang teks laporan hasil observasi disertai dengan pengenalan dan juga contonya.

 Apa Itu Teks Laporan Hasil Observasi

Seperti dijelaskan sebelumnya, teks laporan hasil observasi yaitu teks yang didalamnya berisikan laporan dari hasil sebuah observasi pada sebuah subjek, baik itu manusia, tumbuhan, lingkungan ataupun fenomena-fenomena yang terjadi di sekitar kita.

Adapun, tujuan penulisan teks ini adalah untuk penemuan metode terbaru dari sebuah masalah yang dihadapi. Selain itu, teks ini juga bertujuan untuk membantu pengambilan keputusan dan juga melakukan pengawasan dalam setiap perkembangan objek yang diobservasi.

Dengan teks ini juga diharapkan ada sebuah sumber informasi dan juga dokumentasi dari sebuah objek penelitian sehingga diharapkan dapat bermanfaat untuk suatu pengambilan keputusan.

Struktur Teks Observasi

Secara umum, teks laporan hasil observais terdiri dari 3 bagian, yakni pernyataan umum, deskripsi bagian dan yang terakhir adalah simpulan.

Struktur pernyataan umum biasanya berisi pernyataan atau penjelasan tentang sebuah objek yang diobservasi. Disini anda harus mengenalkan tentang objek tersebut agar pembaca memiliki pemahaman tentang hal yang akan dibahas.

Selanjutnya, ada struktur deskripsi bagian yang berisi penjelasan yang lebih rinci dan detail dari apa yang ditulis pada pernyataan umum. Di bagian ini anda harus memetakan secara detail tentang objek agar para pembaca lebih paham.

Terakhir ada struktur simpulan. Struktur pada bagian ini berisi kesimpulan dan rangkuman dari tulisan laporan yang telah anda buat di bagian-bagian paragraf sebelumnya.

Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

1. Teks Bersifat Lebih Objektif dan Faktual

Teks ini harus berisi laporan yang sifatnya real atau fakta keadaan ketika melakukan observasi. Semua hal yang ditulis tidak boleh berdasarkan prasangka ataupun opini siapapun orang yang terlibat dalam observasi.

2. Sifat Teks Adalah Khusus

Teks observasi ditulis untuk memberikan gambaran penjelasan penjelasan umum yang dirincikan secara khusus. Jadi, teks ini harus detail dan fokus pada pembahasan. Tidak boleh ada pembahasan lain di luar tema yang dimasukan ke dalam teks.

3. Penyajian Teks Lengkap

Namanya juga laporan observasi, jadi wajar saja jika setiap teks harus ditulis dengan lengkap, gamblang, rinci dan berurutan sesuai dengan metode pengambilan laporan yang digunakan.

Selain itu, teks observasi juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang lain. Ini bertujuan agar setiap hasil laporan yang anda buat bisa bermanfaat bagi orang lain.

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat yang bisa anda gunakan untuk keperluan tugas sekolah.

Pernyataan Umum

Hutan adalah jantung dunia, ia memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup manusia, hewan dan juga tumbuh-tumbuhan. Adapun, Negara Rusia, Brasil dan Kanada adalah negara yang memiliki hutan terluas di dunia. Indonesia sendiri berada di rangking 9 dari 193 negara yang memiliki hutan di dalamnya.

Deskripsi Bagian

Namun, luas hutan di dunia terus menerus mengalami penurunan luas dari tahun ke tahunnya. Ulah manusia dan juga faktor alam menjadi penyebab utama berkurangnya luas hutan dunia. Saat ini banyak sekali penebangan pohon ilegal, alih fungsi hutan dan juga kebakaran hutan yang menyebabkan hutan dan lingkungan semakin rusak.

Deskripsi Manfaat

Hutan sangat penting bagi mahluk hidup. Tanpa hutan udara menjadi kurang sehat karena pemanasan global. Selain itu flora dan fauna pun dapat berkurang secara drastis karena habitat hidup mereka yang terganggu. Maka dari itu, jagalah hutan sekuat dan sebisa kita.

Secara sederhana, teks laporan dari hasil observasi adalah sebuah teks yang berisi laporan hasil penelitian atau observasi yang anda lakukan pada sebuah subjek, baik itu hutan, sampah, tumbuhan ataupun fenomena-fenomena tertentu. Dalam sebuah teks laporan hasil observasi anda harus memberikan penjelasan laporan secara rinci dan juga harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang dimiliki teks observasi. Nah,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *