3 Tujuan Kurikulum Merdeka dan Perbedaan dengan Kurikulum Sebelumnya

Para pengajar dan peserta didik penting untuk mengetahui tujuan dari kurikulum merdeka. Sehingga tujuan pembelajaran benar-benar bisa dijalankan dan tercapai.

Pada dasarnya, tujuan diterapkannya kurikulum ini untuk mengembangkan potensi peserta didik. Di Indonesia sendiri sudah mengalami pergantian kurikulum beberapa kali.

Mengenal Kurikulum Merdeka

Kurikulum merupakan seperangkat aturan berisikan tujuan, isi, dan bahan pelajaran yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Adanya kurikulum untuk membantu mencapai pendidikan yang berkualitas. Tanpa adanya kurikulum yang tepat, para pelajar tidak memperoleh target pembelajaran.

Kurikulum akan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di era masing-masing. Februari lalu, Kemendikbudristek telah meluncurkan kurikulum merdeka.

Kurikulum baru ini merupakan metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Para pelajar bisa memilih pelajaran apa yang ingin dipelajari sesuai dengan passion.

Secara umum, kurikulum terbaru ini merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler beragam. Konten lebih optimal sehingga peserta didik memiliki waktu cukup untuk mendalami konsep untuk menguatkan kompetensi.

Kurikulum ini akan dikembangkan berdasarkan tema yang ditetapkan pemerintah untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu.

Tujuan dari Kurikulum Merdeka

Simak beberapa tujuan kurikulum terbaru yang penting diketahui para pengajar, berikut ini:

Menciptakan pendidikan yang menyenangkan

Tujuan pertama dari kurikulum ini, yaitu untuk menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi peserta didik. Kurikulum ini menekankan pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai nilai-nilai bangsa.

Mengejar ketertinggalan pembelajaran

Tujuan selanjutnya yaitu untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran sebagai akibat pandemi Covid-19. Kurikulum ini disusun bertujuan agar pendidikan di Indonesia bisa seperti negara maju.

Siswa mendapatkan kebebasan memilih apa yang diminati dalam pembelajaran.

Mengembangkan potensi peserta didik

Pengembangan potensi peserta didik menjadi tujuan selanjutnya. Kurikulum terbaru ini dibuat sederhana dan fleksibel sehingga pembelajaran bisa lebih mendalam.

Selain itu, kurikulum ini berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik di fase masing-masing.

Kurikulum ini memudahkan para guru saat memberikan pembelajaran kepada para peserta didik.

Keunggulan Kurikulum Terbaru

Ada beberapa keunggulan jika dibanding dengan kurikulum sebelumnya. Apa saja itu?

Simak beberapa keunggulan dari kurikulum terbaru ini:

Lebih fokus dan sederhana

Kurikulum terbaru ini lebih fokus dan sederhana dibandingkan kurikulum sebelumnya. Kurikulum ini juga lebih mendalam, bermakna dan tidak terburu-buru dalam proses pembelajaran.

Lebih merdeka

Kurikulum terbaru ini membebaskan peserta didik untuk memilih mata pelajaran, minat, bakat, dan aspirasinya. Guru dan peserta didik bisa menjalankan proses pembelajaran sesuai tahap capaian.

Lebih interaktif

Kurikulum ini lebih relevan dan interaktif melalui kegiatan project akan memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik. 

Berkenalan dengan Pijar: Platform Pendidikan Untuk Indonesia

Pijar Sekolah sebagai platform pembelajaran digital yang mendukung sekolah untuk menciptakan pembelajaran yang lebih seru. 

Terdapat berbagai macam konten digital yang menarik, mulai dari buku, video pembelajaran hingga laboratorium maya.

Semua siswa bisa memanfaatkan yang ada pada platform Pijar Sekolah untuk mendukung proses belajar di sekolah.

Selain itu, platform ini akan menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Pijar Sekolah memudahkan dalam beberapa hal, yaitu:

  • Melaksanakan ujian sekolah berbasis aplikasi.
  • Memudahkan guru untuk membuat soal.
  • Melakukan penjadwalan ujian.
  • Mengawasi ujian.
  • Memeriksa hasil ujian.

Beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan di platform Pijar Sekolah, antara lain:

  • Sistem manajemen sekolah.
  • Konten pembelajaran.
  • Uji kompetensi dan penilaian.
  • CMS konten.
  • Tugas
  • Kelas virtual.
  • Absensi
  • Pengumuman

Platform Pijar Sekolah akan membantu mewujudkan tujuan dari kurikulum merdeka. Guru bisa memberikan bahan ajar dan sistem terbaik, sehingga siswa bisa mengembangkan kemampuan diri.

 

Para pengajar dan peserta didik penting untuk mengetahui tujuan dari kurikulum merdeka. Sehingga tujuan pembelajaran benar-benar bisa dijalankan dan tercapai. Pada dasarnya, tujuan diterapkannya kurikulum ini untuk mengembangkan potensi peserta didik. Di Indonesia sendiri sudah mengalami pergantian kurikulum beberapa kali. Mengenal Kurikulum Merdeka Kurikulum merupakan seperangkat aturan berisikan tujuan, isi, dan bahan pelajaran yang digunakan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *