Tanah Longsor : Pengertian, penyebab dan Dampaknya

Seperti kita ketahui bersama bahwa wilayah Negara kita sangtlah luas. Daerah yang snagat kluas tersebut mliputi area dengan berbagi macam medan. Namun demikian bisa di pastikan bahwa banyak daerah pegunungan dan bukit bukit yang kita miliki. Hal ini di sebabkan karena kita hidup di suatu negera di mana kita memiliki banyak gunung berapi. Dengan adanya banyak daerah perbukitan dan gunung gunung tersebut maka kita sering mendegar berita tentang longsor. Dalam kesmepatan ini kita akan bahas tentang segala hal yang berhubungan dengan longsor. Silahkan baca artikel di bawah ini bila anda ingin tahu banyak tentang longsor ini.

Pengertian tanah longsor

Yang di masud dengan tanah longsor adalah terjadinya pergerkan tanah dan jtuh ke bawah baik berupa gumpalan tanah besar babatuan yang terlepas dari gunung atau perbukitan. Longsoran itu snediri bisanya terjadi dalam berbagai bentuk seperti longsoran translasi, longsoran rotasi rayapan, blog yang bergerak dan lain sebagainya

Penyebab terjadinya longsor

Penyebab terjadinya longsor banyak sekali dan slah satunya adalah adanya erosi atau penggerusan oleh aior baik beruipa alirasn sungai maupun rembesan air hujan yang besar dan terjadi teurs menerus. Bila erosi ini hanya sebentar lalu berhenti edan mongering maka rekatan antar tanah akan kembali. Dan sebaliknya bila erosi dan rembesan terjadi terus menerus maka rekatan tanah akan le[as dan maka terjadilah longsor. Gempa bumi dan penebangan pohon pohon di khawasan sutau bukit atau pegunungan juga bisa menyebabkan longsor. Beban tanah yang di sebabkan oleh bangunan yang terlalu banyak pada suatu area yang miring kuga bisa menyebabkan longsor.

Cara mencegah Longsor

Untuk mencegah longsor banyak hal yang bisa di lakukan. Pembuatan teras iring bisa mengurnagi potensi lonsor. Jangan mmebuka lahan pemukiman atau pertanian di daerah dnegan kontur tanah miring. Cegah penebangan liar dan galakan reboisasi.

Dampak akibat longsor

Dampak dari longsor tentu banyak sekali. Banyak korban harta benda dan juga jiwa. Hasil dari longsor biasanya berupa tanah terbuka yang juga potensial menimbulkan longsor susulan.

Demikianlah ulasan kita yang membahas tentang Tanah longsor pengertian penyebab dan akibat dampak tanah longsor. Semoga bisa membantu ya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa wilayah Negara kita sangtlah luas. Daerah yang snagat kluas tersebut mliputi area dengan berbagi macam medan. Namun demikian bisa di pastikan bahwa banyak daerah pegunungan dan bukit bukit yang kita miliki. Hal ini di sebabkan karena kita hidup di suatu negera di mana kita memiliki banyak gunung berapi. Dengan adanya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *