Kasus Covid-19 Terus Menurun, Hari Ini 20.709 Kasus, Akankah PPKM Level 4 Disetop Hari Ini?

Pemerintah mengumumkan tambahan konfirmasi positif Covid 19 sebanyak 20.709 kasus baru pada Senin (9/8/2021), turun dibandingkan kemarin26.415 orang. Dikutip dari covid19.go.id , dengan tambahan tersebut, total kasus infeksi corona di Indonesia berjumlah 3.686.740 pasien. Sementara itu, kasus sembuh hari ini bertambah 44.959 orang.

Sehingga totalnya menjadi 3.129.661 pasien sembuh di Indonesia. Adapun kasus kematian harian bertambah 1.475 orang. Sehingga, total kasus kematian akibat Covid 19 di Indonesia mencapai 108.571 orang.

DibandingkanMinggu (8/8/2021) kemarin terjadi penurunan jumlah pasien Covid 19. Kemarin pasien positif bertambah 26.415 orang. Total kasus positif Covid 19 sebanyak 3.666.031 pasien.

Selanjutnya, total pasien yang sembuh yakni 3.084.702 orang. Ada penambahan pasien sembuh sebanyak 48.508 orang. Sementara itu, total sebanyak 107.096 orang meninggal dunia, dengan penambahan 1.498 orang.

Dengan menurunnya kasus Covid 19 lalu akankah PPKM Level 4 akan dihentikan hari ini. Seperti diketahui pemerintah akan mengumumkan informasi terbaru soal nasib PPKM Level 4 hari ini, dilanjutkan atau tidak. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta masyarakat bersabar dalam menjalani pemberlakuan pembatasan kegiatan masyararakat (PPKM).

Dia mengklaim bahwa hingga kini PPKM telah mampu menekan laju penularan Covid 19. "Penting bagi masyarakat bersabar dalam menjalani PPKM. Karena implementasi PPKM secara efektif akan mampu memulihkan ekonomi negara," ujar Moeldoko dalam siaran pers KSP, Senin (9/8/2021). Dia mencontohkan, angka keterisian tempat tidur (BOR) di RS Darurat Covid 19 Wisma Atlet yang sebelumnya mencapai 90 persen pada pertengahan Juli 2021.

Saat ini, kini kondisi BOR di Wisma Atlet berangsur turun signifikan mencapai 25 persen setelah pelaksanaan PPKM. Moeldoko melanjutkan, pemerintah telah menetapkan sejumlah kebijakan sebagai upaya penanggulangan pandemi. Selain PPKM, juga ada penegakan protokol kesehatan 5M, meningkatkan 3T, mendorong angka kesembuhan melalui bantuan obat obatan khususnya bagi pasien isolasi mandiri, menggulirkan program bantuan sosial bagi masyarakat serta melaksanakan program vaksinasi bagi seluruh warga tanpa terkecuali.

“Di saat pandemi ini, yang diperlukan adalah gotong royong, kerja nyata, bukan diskusi, bukan mencaci, bukan melihat segala sesuatu dari sisi negatif,” tutur Moeldoko. Lebih lanjut, mantan Panglima TNI itu menjelaskan sampai dengan akhir 2021, pemerintah Indonesia secara total akan menerima 183 juta dosis vaksin yang akan datang secara bertahap. Rinciannya yakni 70 juta dosis vaksin di bulan September, 40 juta dosis di bulan Oktober, 35 juta dosis di bulan November dan, 38 juta dosis di bulan Desember.

Untuk diketahui, rekor tambahan kasus positif tertinggi tercatat pada 15 Juli 2021, dengan 56.757 kasus dalam sehari. Sedangkan untuk rekor kematian harian, terjadi pada 27 Juli 2021, dengan 2.069 kematian dalam sehari. Dikutip dari berikut cara pencegahan Covid 19 pada level individu dan masyarakat:

Terdapat beberapa prinsip yang perlu diikuti untuk membantu mencegah Covid 19, yaitu menjaga kebersihan diri/personal dan rumah dengan cara: A. Mencuci tangan lebih sering memakai sabun dan air setidaknya 20 detik atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol ( hand sanitizer ), serta mandi atau mencuci muka jika memungkinkan, sesampainya rumah atau di tempat bekerja, setelah membersihkan kotoran hidung, batuk atau bersin dan ketika makan atau mengantarkan makanan. B. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut menggunakan tangan yang belum dicuci.

C. Jangan berjabat tangan. D. Hindari interaksi fisik dekat dengan orang yang memiliki gejala sakit. E. Tutupi mulut saat batuk dan bersin dengan lengan atas bagian dalam atau dengan tisu lalu langsung buang tisu ke tempat sampah dan segera cuci tangan.

F. Segera mengganti baju/mandi sesampainya di rumah setelah berpergian. G. Bersihkan dan berikan disinfektan secara berkala pada benda benda yang sering disentuh dan pada permukaan rumah dan perabot (meja, kursi, dan lainlain), gagang pintu, dan lain lain. A. Dilarang berdekatan atau kontak fisik dengan orang mengatur jarak minimal 1 meter, tidak bersalaman, tidak berpelukan dan berciuman.

B. Hindari penggunaan transportasi publik (seperti kereta, bus, dan angkot) yang tidak perlu, sebisa mungkin hindari jam sibuk ketika berpergian. C. Bekerja dari rumah ( Work From Home ) jika memungkinkan dan kantor memberlakukan ini. D. Dilarang berkumpul massal di kerumunan dan fasilitas umum.

E. Hindari bepergian ke luar kota/luar negeri termasuk ke tempat tempat wisata. F. Hindari berkumpul teman dan keluarga, termasuk berkunjung/bersilaturahmi tatap muka dan menunda kegiatan bersama. Hubungi mereka dengan telepon, internet, dan media sosial. G. Gunakan telepon atau layanan online untuk menghubungi dokter atau fasilitas lainnya.

H. Jika Anda sakit, dilarang mengunjungi orang tua/lanjut usia. Jika Anda tinggal satu rumah dengan mereka, maka hindari interaksi langsung dengan mereka. I. Untuk sementara waktu, anak sebaiknya bermain sendiri di rumah. J. Untuk sementara waktu, dapat melaksanakan ibadah di rumah.

Pemerintah mengumumkan tambahan konfirmasi positif Covid 19 sebanyak 20.709 kasus baru pada Senin (9/8/2021), turun dibandingkan kemarin26.415 orang. Dikutip dari covid19.go.id , dengan tambahan tersebut, total kasus infeksi corona di Indonesia berjumlah 3.686.740 pasien. Sementara itu, kasus sembuh hari ini bertambah 44.959 orang. Sehingga totalnya menjadi 3.129.661 pasien sembuh di Indonesia. Adapun kasus kematian harian…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.