Larangan Saat Haid Sesuai Ilmu Kesehatan

Menstruasi adalah tamu bulanan yang rutin menghampiri wanita karena ketika mengalami haid seringkali seseorang mengalami kram perut atau bahkan nyeri payudara. Terkadang wanita juga merasakan suasana hati yang berubah-ubah sehingga terdapat larangan saat haid sesuai kesehatan.

Apa saja larangan saat haid sesuai ilmu kesehatan?

1. Konsumsi Makanan yang Asin

Saat wanita mengalami haid tentunya nafsu makan menjadi jauh lebih meningkat walau terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin dapat membuat gejala haid menjadi lebih buruk. Hal ini karena makanan asin mendorong terjadinya ada tensi air yang memper buruk kembung dan kram di perut wanita.

Untuk itu ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan asin terlalu banyak hal terutama ketika anda sedang haid. Konsumsi makanan yang asin adalah larangan saat haid yang pertama, cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran yang berdaun hijau atau kacang-kacangan.

2. Mengkonsumsi Kafein

Larangan saat haid yang kedua adalah mengkonsumsi kafein, kafein sendiri terkandung di dalam kopi jika anda pecinta kopi sebaiknya hindari mengkonsumsi kopi ketika menstruasi. Hal ini karena kafein yang terdapat di dalam kopi, teh atau soda sangat berbahaya bagi kesehatan anda para wanita.

Minuman yang mengandung kafein tentu dapat dengan mudah memberi pengaruh kepada hormon seks selama menstruasi. Hal tersebut dapat menurunkan aliran darah pada rahim sehingga hal ini sangat tidak baik untuk anda para wanita untuk itu Anda harus menghindari kopi.

3. Berhubungan Seks dan Memakai Douche

Terdapat banyak sekali studi yang menunjukkan bahwa berhubungan seks saat menstruasi akan meningkatkan risiko tertularnya penyakit menular seksual. Risiko yang meningkat tersebut terjadi karena penyakit yang ditularkan melalui darah lebih mudah berpindah kepada inang yang baru.

Ada baiknya anda menahan terlebih dahulu keinginan untuk berhubungan intim terutama ketika sedang menstruasi. Hal tersebut harus anda lakukan untuk menghindari berbagai jenis penyakit yang akan berkembang di dalam tubuh anda jika anda melakukan hubungan seksual.

Anda juga harus menghindari pemakaian douche selama menstruasi karena secara umum douche malah akan mengganggu keseimbangan mikroorganisme normal yang ada di dalam vagina. Hal tersebut adalah menjadi pemicu terjadinya infeksi jika anda memaksakan memakainya.

Saat Anda menstruasi pada umumnya memang malas gerak namun olahraga terbukti untuk membantu mengurangi kram atau nyeri perut yang dialami terutama pada saat haid. Olahraga juga sangat mampu untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik jadi Anda dapat mencobanya.

4. Pakai Pembalut Terlalu Lama

Anda juga harus rajin mengganti pembalut secara teratur yang merupakan bagian penting dalam menjaga kebersihan area kewanitaan. Walau sebagian wanita lupa atau secara sengaja memakai 1 pembalut untuk waktu yang lama bahkan pada waktu tertentu bisa dipakai seharian.

Tentunya hal tersebut akan menyebabkan infeksi bakteri atau jamur, maka alangkah baiknya untuk mematuhi larangan saat haid. Minimal dengan mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali ketika anda menstruasi. Usahakan untuk tetap ganti pembalut meski anda merasa pembalut belum penuh.

5. Waxing

Saat menstruasi tentunya perubahan hormon membuat tubuh lebih peka terhadap rasa sakit dan kulit menjadi lebih sensitif. Untuk itu ketika anda melakukan waxing Anda akan merasa sakit yang berlipat ganda jadi usahakan untuk menghindari melakukannya atau kegiatan lain yang menambah rasa sakit.

6. Konsumsi Susu dan Produk Berbahan Susu

Selama menstruasi sebaiknya Anda menghindari konsumsi susu atau produk berbahan susu susu dapat membuat perut Anda terasa lebih kembung. Hal ini karena kandungan gas yang banyak dalam perut juga pengaruh hormon dapat diperburuk dengan mengkonsumsi susu atau produk sejenisnya.

Susu juga dapat memicu terjadinya kram atau iritasi usus yang akan terjadi jika anda mengkonsumsi susu pada saat menstruasi. Tak hanya itu saja karena Anda juga harus tidur dengan cukup dan menghindari begadang pada saat menstruasi karena ini adalah hal penting.

Tidur adalah hal yang sangat penting untuk membuat tubuh beristirahat serta memulihkan energi. Dengan begadang atau tidur lebih sedikit dari biasanya akan meningkatkan hormon stres kortisol, tentunya hal tersebut dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon di tubuh anda.

Menstruasi adalah tamu bulanan yang rutin menghampiri wanita karena ketika mengalami haid seringkali seseorang mengalami kram perut atau bahkan nyeri payudara. Terkadang wanita juga merasakan suasana hati yang berubah-ubah sehingga terdapat larangan saat haid sesuai kesehatan. Apa saja larangan saat haid sesuai ilmu kesehatan? 1. Konsumsi Makanan yang Asin Saat wanita mengalami haid tentunya nafsu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *