Cara Mengatasi Bayi Rewel Malam Hari

Ketika memiliki seorang bayi, anda harus siap dengan resiko terbangun dari tidur nyenyak anda di malam hari karena bayi anda rewel ataupun menangis.

Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan bayi menangis, entah itu malam hari, pagi hari ataupun siang hari, diantaranya adalah kelaparan, kesepian, kelelahan, popok basah atau ia merasakan sakit pada bagian tertentu di tubuhnya.

Adapun, untuk mengatasi bayi rewel malam hari, anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini. Berikut diantaranya:

Mengatasi Bayi Rewel Malam Hari

1. Pastikan Memberi Makanan Sebelum Tidur

Salah satu penyebab bayi rewel malam hari adalah karena ia kelaparan, ketika bayi lapar biasanya ia akan memberi respon berupa tangisan dan tangan yang diemut di mulutnya.

Agar bayi anda tidak kelaparan, anda harus memberi makanan yang cukup berupa ASI, susu atau makanan khusus untuk bayi.

Dengan seperti itu diharapkan tidur bayi bisa semakin pulas dan anda pun menjadi nyaman karena tidak perlu terbangun di malam hari.

2. Cek Keadaan Popok

Penyebab lainnya dari bayi menangis adalah basahnya popok sehingga menyebabkan bayi kurang nyaman ketika diam ataupun bergerak.

Maka dari itu, sebelum anda tidur, pastikan popok bayi anda dalam keadaan kering sehingga nanti bayi tidak terjaga di malam hari.

Untuk melakukan ini, anda harus melakukannya secara rutin dan bergantian dengan pasangan anda. Bagaimanapun mengurus bayi membutuhkan kerjasama yang baik antara suami dan juga istri.

3. Gendong

Jika bayi anda menangis di malam hari, mau tidak mau anda harus bangun untuk menenangkannya. Cara untuk menenangkan bayi sangat beragam, diantaranya adalah anda bisa menggendongnya.

Selain itu, anda bisa membaringkan bayi di tempat yang lebih luas atau membawanya ke ayunan untuk diayun ayunkan.

Kenapa bayi harus digendong atau ditemani ketika ia menangis di malam hari? Hal ini disebabkan karena bayi mungkin kesepian ataupun membutuhkan ruang untuk bergerak lebih bebas. Dengan melakukan itu diharapkan bayi bisa berhenti dari tangisannya.

4. Memberikan Sentuhan Lembut

Bayi kelembutan dan juga sentuhan dari orang tuanya agar ia merasa tenang dan tidak kesepian. Maka dari itu, jika bayi anda menangis cobalah untuk memberikan elusan kecil baik pada bagian kepala bayi ataupun punggunnya.

Dengan seperti itu, diharapkan bayi akan lebih tenang dan bisa berhenti dari tangisannya. Namun, jika cara tersebut kurang berhasil anda bisa menggendongnya dan sedikit memberi guncangan ketika menggendongnya.

5. Membawanya Ke Dokter

Bayi yang sering menangis sebetulnya hal yang normal. Yang tidak normal adalah jika bayi menangis terus menerus dalam rentang waktu yang lama.

Jika bayi anda mengalami hal seperti itu apalagi disertai dengan gejala lain seperti misalnya demam, muntah ataupun diare, lebih baik anda pergi ke dokter untuk penanganan.

Dokter nantinya akan memeriksa bayi anda untuk mengetahui apakah ada penyakit tertentu yang membuat bayi terus menangis. Jika bayi memiliki penyakit tertentu dengan berkonsultasi ke dokter diharapkan bayi anda akan mendapatkan penanganan yang cepat dan juga tepat.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bayi rewel di tengah malam. Bagaimanapun, salah satu kunci utama mengatasi hal semacam ini adalah kesabaran.

Tanpa kesabaran, mungkin Ibu dan Ayah bayi akan merasakan stress karena harus selalu terbangun di malam hari dan terganggu kenyamanannya.

Ketika memiliki seorang bayi, anda harus siap dengan resiko terbangun dari tidur nyenyak anda di malam hari karena bayi anda rewel ataupun menangis. Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan bayi menangis, entah itu malam hari, pagi hari ataupun siang hari, diantaranya adalah kelaparan, kesepian, kelelahan, popok basah atau ia merasakan sakit pada bagian tertentu di…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.